Header Ads

Cinta Produk Lokal Bersama Qlapa.Com

EntrepreneurKreatif.com- Siapa yang tidak tahu Qlapa.Com, Rumahnya Produk Handmade Indonesia? Qlapa.com didirikan oleh Benny Fajarai, pria 27 tahun kelahiran Pontianak 27 April 1990.  Qlapa.com adalah situs jual beli online untuk produk handmade unik seperti kemeja batik, tenun, tas, Qlapa sepatu kulit, dompet, perhiasan, dekorasi rumah, dan produk buatan tangan lainnya. Untuk tas Qlapa terdiri dari tas wanita, tas kulit, dan berbagai jenis tas lain. Rata-rata produk yang dijual di Qlapa merupakan produk unik yang tidak dijual di tempat lain, mulai dari kerajinan tradisional sampai dengan produk bergaya modern.







Mudahnya menemukan produk handmade unik di Indonesia lewat qlapa.com.

SobatPreneur juga bisa dengan mudah menemukan berbagai produk handmade unik bernilai tinggi di Qlapa.com untuk berbagai hal seperti mencari produk untuk hadiah, koleksi, dan lifestyle. Ada berbagai pilihan produk item yang dapat Sobat pilih di Qlapa seperti produk untuk pria dan wanita, anak, rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, kuliner, perawatan dan kecantikan, serta perayaan dan hadiah. Ada juga produk yang menjadi produk pilihan editor.
Qlapa.com, pusatnya produk handmade pilihan yang terkurasi.
Qlapa memilih produk-produk handmade buatan para pengrajin lokal dan UMKM Indonesia yang dijual di situs mereka satu per satu agar sesuai dengan standar kualitas yang baik sehingga SobatPreneur bisa menemukan dengan mudah berbagai produk menarik sesuai dengan keinginan Sobat semua. Di Qlapa, para pengrajin kerajinan tangan seperti Aksesoris dan Perhiasan (Kacamata, Kalung, Gelang, Jam Tangan, dll), Alas Kaki (Sepatu, Sandal, Kaos Kaki, dll), Alat Bawa (Tas, Dompet, Clip, dll), Alat dan Perabot, (Lampu, Alat Makan, Bantal, dll), Furnitur (Kursi, Meja, Lemari, dll), Hiasan dan Dekorasi (Boneka, Jam Dinding, Ornamen, dll), Komputer dan Gadget (Dudukan, Casing, Aksesoris, dll) dikurasi maksudnya diseleksi terlebih dahulu sebelum bergabung dengan Qlapa. Tim Qlapa melakukan seleksi dan kurasi untuk menjaga kualitas barang yang dijual melalui sistemnya. Ini merupakan salah satu bentuk upaya Qlapa memberikan jaminan mutu kepada para pembeli.
Walaupun mengandung banyak unsur tradisional, namun produk yang ada di Qlapa mengikuti trend modernisasi terkini sehingga terhindar dari kesan kuno. Fitur-fitur yang dimiliki Qlapa membuat konsumen dapat dimudahkan dalam berbelanja online.
Konsumen dapat memanfaatkan berbagai kemudahan, mulai dari memilih jenis kelamin, agar dapat tersaring produk-produk yang dikhususkan, untuk laki-laki atau perempuan. Selain itu, ada pula saringan yang dapat digunakan untuk menampilkan produk pilihan, sesuai dengan material, warna, harga, dan relevansi.
Selain itu, pada saat konsumen akan memilih produk, mereka akan disuguhkan dengan berbagai pilihan serupa, dari penjual lainnya, yang dikelompokkan berdasarkan kata pencarian atau tag-nya masing-masing. Untuk berbelanja pada penjual yang dipilih, konsumen juga dapat melihat profil seluruhnya dari penjual tersebut, beserta katalog online yang dimilikinya.
Keamanan dan Kenyamanan Transaksi
 SobatPreneur tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan kenyamanan transaksi di Qlapa.com karena pembayaran akan diteruskan kepada penjual jika produk mereka telah diterima. Jika transaksi batal sebelum produk dikirim, uang Sobat akan dikembalikan 100%. Sederhana, aman, dan tidak perlu jauh-jauh berbelanja. Beli langsung dari pembuatnya. Selain harga yang terjangkau, membeli langsung dari pembuatnya memudahkan Sobat untuk mengatur dan memodifikasi produk pesanan Anda.
Qlapa sebagai  marketplace  tentunya ingin menghadirkan kemudahan bagi para penggunanya. Salah satu yang dilakukannya adalah menyediakan sistem transaksi otomatis dengan konsep rekening bersama. Dengan konsep ini pembeli bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman dan terjamin keamanannya. Selain itu sistem Qlapa juga dilengkapi dengan perhitungan ongkos kirim berserta manajemen pemesanan. Hadirnya Qlapa diharapkan mampu membuat pembuat kerajinan tangan bisa lebih fokus pada berkarya dan membuat produk yang berkualitas.
Masih dalam rangka menjamin kenyamanan transaksi jual beli fitur-fitur Qlapa juga disesuaikan dengan perilaku jual beli produk kerajinan tangan yang selama ini sering terjadi. Dengan menjual produk kerajinannya melalui Qlapa penjual dapat menawarkan beberapa variasi produknya. Qlapa juga menyediakan fitur kustomisasi yang memungkinkan penjual menerima pesanan kustom dari pembeli.
Penjual juga bisa menerima pesanan dalam bentuk pre-order jika penjual tersebut memang hanya membuat produk kerjainan tangannya berdasarkan pesanan saja. Dengan begitu, penjual bisa menjual produk kerjainan tangannya tanpa mendapat batasan, sedangkan pembeli bisa mendapatkan pilihan yang lebih banyak dan leluasa ketika sedang mencari produk dan berbelanja.
Selain itu, pada saat konsumen akan memilih produk, mereka akan disuguhkan dengan berbagai pilihan serupa, dari penjual lainnya, yang dikelompokkan berdasarkan kata pencarian atau tag-nya masing-masing. Untuk berbelanja pada penjual yang dipilih, konsumen juga dapat melihat profil seluruhnya dari penjual tersebut, beserta katalog online yang dimilikinya.
Pemasaran dan model bisnis
Sejak awal, Qlapa berdedikasi untuk menjembatani produsen atau pengrajin produk-produk buatan tangan asli Indonesia ke berbagai konsumen, baik di Indonesia atau pun luar negeri. Oleh karena itu, berbagai channel pemasaran dilakukan Qlapa, untuk mengenalkan produk-produk karya dalam negeri kepada konsumen.
Selain aktif di berbagai media sosial untuk melakukan promosi produk, Qlapa juga aktif memberikan penjelasan produk menggunakan konten kreatif yang ada di blog Qlapa. Berbagai posting-an yang terkait dengan produk tertentu, dikaitkan dengan isu atau tren terkini. Qlapa juga menyediakan penawaran sesi foto bagi produk-produk yang ingin tampil cantik di situs Qlapa.
Sehubungan dengan proses pemasaran yang digencarkan Qlapa terhadap berbagai produk, Qlapa melakukan monetisasi dengan pembagian komisi sebanyak 10 persen dari total penjualan. Angka 10 persen tersebut ‘ditukar’ dengan tugas Qlapa, dalam memasarkan dan memberikan traffic yang baik kepada penjual, yang mungkin belum pernah atau tidak melakukan penjualan online sebelumnya.
Saat ini, untuk semakin menggecarkan pemasaran sekaligus merekrut lebih banyak talenta dalam tim yang baru berjumlah kurang lebih 15 orang saja, Qlapa sedang dalam proses pencarian dana investasi awal. Qlapa juga mengedepankan komunitas pencinta dan pelaku industri kreatif untuk terus mengembangkan kemajuan industri tersebut, sebagai salah satu penyokong perekonomian di Indonesia. Mari kita Cinta produk lokal bersama Qlapa.Com, Rumahnya Produk Handmade Indonesia.
Sumber:
dailysocial.id
qlapa.com

2 comments:

Pieter Mardi said...

Artikelnya bagus, tapi coba gambarnya agak diperbanyak dikit. Biar pembaca gak bosan ketika membacnanya. Artikelnya udah bagus, tapi ya sesuai yang saya bilang tadi. Agak ditambahkan variasinya.

Boleh ya cerita sedikit tentang pendapat saya? Nah, menurut saya, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli sesuatu di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

Vivi Al-Hinduan said...

makasih masukannya, mas

Powered by Blogger.