Header Ads

Bersama UNTAN Membangun Negeri Melalui 3 Fakultas Favorit di UNTAN

EntrepreneurKreatif.com- Dengan tagline Bersama UNTAN Membangun Negeri, universitas negeri yang berdiri sejak tanggal 20 mei 1959 ini terus berbenah diri dengan membuka berbagai jurusan baru, seperti jurusan Ekonomi Islam. Biaya kuliah di Untan yang sangat terjangkau membuat setiap tahun pembukaan pendaftaran Untan atau yang dikenal dengan Seleksi Calon Mahasiswa Baru atau SCMB Untan selalu diserbu para calon mahasiswa dari berbagai kabupaten/ kota di Kalbar dan luar Kalbar untuk masuk ke berbagai fakultas dan jurusan ada di Universitas Tanjungpura.



Untan merupakan universitas tertua di Kalbar dengan akreditasi B dan sedang menuju akreditasi A. UNTAN Membangun Negeri dengan membuka 63 program sarjana, 24 program pascasarjana, 31.270 mahasiswa, 58.061 lulusan, 2.059 staf dan telah menghasilkan 197 penelitian.

Sembilan Fakultas dan jurusan untuk jenjang S1 adalah:
- Fakultas Hukum dengan jurusan Ilmu Hukum. Pilihan program studi Hukum Pidana, Perdata, Bisnis, dan Tata Negara.

- Fakultas Ekonomi, merupakan satu di antara 3 fakultas favorit Untan incaran para calon mahasiswa. Terdapat 4 jurusan di Fekon Untan : Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, serta jurusan baru yaitu Ekonomi Islam.

- Fakultas Pertanian, terdapat 8 jurusan : Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, dan Manejemen Sumber Daya Perairan.

- Fakultas Teknik, merupakan satu di antara 3 fakultas favorit Untan incaran para calon mahasiswa. terdapat 11 jurusan: Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Kelautan, Teknik Pertambangan, dan Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi).

- Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, terdapat 10 jurusan : D3 Kearsipan, Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, dan Ilmu Komunikasi.

- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan satu di antara 3 fakultas favorit Untan incaran para calon mahasiswa. jurusan dan program studi yang terdapat di FKIP Untan yakni : Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial (Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi), Pendidikan Matematika dan IPA (Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi) Pendidikan Bahasa dan Seni (Ilmu Perpustakaan, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Bahasa Indonesia Sastra Indonesia dan Daerah), Pendidikan Dasar deng program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ilmu Keolahragaan (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Kepelatihan Olahraga), dan Ilmu Pendidikan (Pendidikan Guru PAUD, dan Bimbingan dan Konseling).


- Fakultas Kehutanan, dengan jurusan Teknologi Hasil Hutan dan Manajemen Kehutanan

- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), terdapat 10 jurusan yaitu: Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Geografi, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, dan Sistem Informasi

-Fakultas Kedokteran dengan 3 jurusan: Kedokteran, Farmasi, dan Keperawatan.


untuk Program Magister (S2) Universitas Tanjungpura telah memiliki berbagai jurusan : Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Guru SD, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Administrasi Pendidikan, Teknik Sipil, dan Teknik Elektro

Program Doktoral (S3) Universitas Tanjungpura dengan 3 jurusan: Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Akuntansi.

Di antara sekian banyak Fakultas dan Jurusan di Untan, ada 3 fakultas favorit yakni Fakultas Ekonomi , Fakultas Teknik, dan FKIP Untan. S
elain 3 fakultas favorit, ada juga 3 fakultas dan program studi yang kurang diminati para calon mahasiswa yang ingin masuk UNTAN. Tiga fakultas dan program studi (prodi) yang kurang diminati peserta SCMB Universitas Tanjungpura (Untan) yakni prodi Fakultas Kehutanan, Fakultas Pertanian, dan Prodi Teknik Sipil. Hal ini diungkapkan Pembantu Rektor I Untan, Saeri Sagiman seperti dilansir dari tribunnews.com. masih kurangnya minat itu bisa dilihat dari efek kurang ketersediaannya pasar.


SIAKAD UNTAN
SIAKAD UNTAN singkatan dari Sistem Informasi Akademik Universitas Tanjungpura. Merupakan media digital layanan bimbingan, monitoring, dan penilaian akademik.

SIMALUM UNTAN s
SIMALUM UNTAN adalah singkatan dari Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni UNTAN. Simalum juga berisi info lowongan kerja bagi para calon wisudawan dan alumni Untan, info beasiswa, dan masih banyak lagi.

Itulah tadi sekilas info tentang UNTAN. Bersama UNTAN Membangun Negeri.


Sumber bacaan : 
www.tribunnews.com

No comments:

Powered by Blogger.