Header Ads

Bangun Pondok Baca di Parit Keladi

EntrepreneurKreatif.com-Gisnawati yang akrab disapa Ce Hun, Bangun Pondok Baca di Parit Keladi, Pal  9 Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. ce Hun merupakan seorang guru di SD 21 Parit Keladi. Setiap hari, ia selalu melewati lokasi yang kini menjadi Pondok Baca-nya, setiap akan berangkat menuju  sekolah.

foto: istimewa

Saat EntrepreneurKreatif menyambangi pondok bacanya nan asri di tengah perkebunan kelapa, Ce Hun mengatakan, dirinya mulai  mendirikan pondok  sekitar  bulan September 2017, namun secara resmi pada Senin 6 Oktober 2017 silam. Uang pembangunan pondok berasal dari dana pribadi wanita yang kerap disapa Bunda ini dan semua buku merupakan koleksi pribadinya.



Terkadang, Ce Hun tinggal di pondoknya. Pondok Baca Ce Hun hanya diterangi serongkeng dan tidak ada lampu jalan di depan rumah.






“Saya senang dan tenang berada di sini. Suasannya nyaman, beda dengan di kota. Saya sering bangun di tengah malam untuk menunaikan shalat dan bermunajat kepada Allah,” ujar lulusan S2 PGSD Universitas Tanjungpura ini.



Selain membuka pondok baca, ia juga mengajar puisi dan baca tulis. Ce Hun mempersilahkan para donator untuk menyumbangan buku cerita anak SD, mengingat yang sering berkunjung ke Pondok Baca Ce Hun rata-rata siswa SD-dan ada juga siswa SMP-setempat.


Saat ditanya motivasinya mendirikan pondok baca, wanita berdarah campuran Bugis-Tionghoa ini berujar singkat, “Di sisa umur saya ini, saya ingin dapat bermanfaat bagi orang lain.” 

No comments:

Powered by Blogger.