Header Ads

Film SOLD

EntrepreneurKreatif.Com-Saya tadi siang menonton film SOLD yang keren banget. Dan itu film India, setidaknya para pemeran utama dan setting-nya di Kalkuta, salah satu kota terpadat di India. Film SOLD diangkat dari novel karya Patricia Mc Cormick dengan judul sama. SOLD berkisah tentang Laksmi (diperankan oleh Niyar Saikia), gadis miskin dan lugu berusia 13 tahun dari sebuah desa di Nepal, yang dijanjikan bekerja di sebuah keluarga baik-baik di Kalkuta, India. Laksmi pun dijual oleh ayahnya yang cacat dan pemabuk dengan seorang perempuan dari kota yang ia sapa dengan sebutan auntie Bimla (diperankan Tillotama Shome). Dengan menempuh perjalanan darat selama dua hari bersama Bimla, Laksmi pun tiba di sebuah rumah tua dan mengerikan di Kalkuta. Ternyata itu adalah rumah bordil. Mumtaz, germo pemilik rumah bordil itu menyebutnya sebagai Happiness House atau Rumah Kebahagiaan.



Laksmi dipaksa melayani seorang pria setengah baya yang sudah membayar mahal kepada germonya, dan karena ketakutan, ia menggigit pipi pria itu. Akibatnya, Laksmi dipukul oleh centeng si germo (Mumtaz) hingga tapak kakinya berdarah. Laksmi pernah berusaha kabur bahkan mencoba bunuh diri. Ia berteman dengan Harish, anak seorang PSK yang juga tinggal di rumah bordil itu. Sejak itu, Laksmi dipaksa berkali-kali melayani para lelaki dewasa. Seorang staf Hope House bahkan pernah menyamar dan memberi Laksmi kartu nama yang di dalamnya tertera alamat Hope House. Saat mencoba meminta tolong dari balik jendela kamarnya, seorang fotografer berkewargaan Amerika Serikat, Sophia (Gillian Anderson) berhasil memotret Laksmi dan melaporkan pada polisi setempat. Sophia bekerja untuk Hope House, sebuah tempat penampungan bagi anak jalanan dan perempuan korban perdagangan wanita seperti Laksmi dan kawan-kawan.


Saat pihak kepolisian dan Hope House-beserta Sophia yang selalu membawa kamera-merazia rumah bordil Mumtaz, ia menyembunyikan Laksmi dan PSK lainnya di sebuah ruang bawah tanah tersembunyi. Bimla bahkan membawa pisau dan mengancam membunuh seorang PSK remaja jika mereka berteriak. Singkat kata, saat malam perayaan tahun baru, Laksmi berhasil melarikan diri lewat jendela kamarnya, dengan terjun menggunakan tali yang selama ini ia ambil dari perca bekas pakaian yang banyak terdapat di rumah bordil. Laksmi pergi ke Hope House dan diterima dengan sangat baik di sana. Rumah bordil Mumtaz dirazia polisi kembali esok harinya. Semua PSK berhasil diselamatkan. Mumtaz dan Bimla ditangkap polisi.

Film ini sarat akan pesan maraknya perdagangan perempuan untuk dijadikan pelacur, terutama di kawasan padat Kalkuta, India. Bagi saya yang memang pencinta film drama bermutu, film SOLD adalah salah satu film India terbaik selain 3 idiots.

3 comments:

Blizt Cinema said...

filmnya seru abis
rating juga bagus

Tomi Bastiamsah said...

Pengen lihat juga aku gan.. kelihatannya menarik nih gan

Muhammad Adam Hussein, SPd, PQHi said...

Ternyata awalnya dari novel yang diadaptasi keren nih. Mudah-mudahan aja ada yang mengatasi hal tersebut biar berkurang bahkan dihilangkan penjualan wanita jadi budak psk. Karena umumnya mereka terpaksa melakukannya.

Makasih ulasannya.

Powered by Blogger.