Header Ads

Resep Nasi Mandhi Khas Arab

EntrepreneurKreatif.Com – Nasi Mandhi (Mandy rice)  berasal dari kawasan Hadramaut, Yaman Selata. Nasi Mandhi merupakan nasi berbumbu rempah serta dilengkapi daging kambing, sapi, atau ayam yang empuk. Biasanya nasi ini dapat ditemui di restoran Indonesia yang bernuansa Arab, yang juga menjual berbagai hidangan berbahan kambing. Nasi ini berwarna putih kekuningan. Sama seperti hidangan Timur Tengah lainnya, Nasi mandhi terbuat dari Beras Basmati India,yang mana  jenis berasnya panjang dan gurih.  Sengaja diimpor langsung dari India agar sensasi asli hidangan tersebut dapat juga dirasakan oleh penikmat di Indonesia.



Masakan dari Beras Basmati ini dimasak seperti halnya menanak nasi biasa tetapi menggunakan air yang sudah dimasak dengan tumisan bumbu rempah khas yang terdiri dari bawang, kayu manis, halia, bunga lawing, buah pelaga, dan cengkeh.

Bumbu rempah dalam Nasi Mandhi ini memakai aneka rempah beraroma kuat dari Timur Tengah. Bahkan beberapa koki menambahkan minyak zafaron yang khas aromanya dalam adonan nasi tersebut saat memasak. Meski berwarna kuning, namun bukan hanya kunyit yang dipakai sebagai campuran bumbunya. Minyak zafaron pun memberi efek warna kuning yang menggugah selera dalam Nasi Mandhi. Ditambah pelengkap berupa Acar Zalata yang terbuat dari timun, buah nanas, bawang, serta bawang putih. Tak lupa  sambal kecap lengkap yang menambah selera menyantap hidangan tersebut. Belum lagi daging kambing bakar dengan bumbu tersendiri yang pasti ada di setiap sajian Nasi Mandhi. Semuanya akan diletakkan dalam nampan (tapsi)  perak besar sehingga bisa dikonsumsi beramai-ramai. satu porsi bisa untuk 4-5 orang.

Ini memang cara makan nasi yang khas Timur Tengah, yaitu disantap bersama di atas nampan besar. Semakin banyak yang makan dalam satu nampan, maka akan makin berkah hidangan tersebut. Berapa harga Nasi Mandhi umumnya di resto tanah air? Cukup murah kok. Antara Rp50-100 ribu per porsinya. Dijamin akan bikin Anda ketagihan menikmatinya. SobatPreneur penasaran ingin membuatnya? Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan dan Bumbu


Beras Basmati India 4 cangkir, rendam
Minyak sapi 3 sdm
Air putih secukupnya
Bawang besar 1 butir, cincang
Bawang putih 3 siung, cincang
Halia 1 inci ~ iris serong
Kismis 1/3 cangkir
Kayu manis1 batang
Bunga lawing 1 kuntum
Buah pelage 3 biji
Bunga cengkih 5 kuntum
Pewarna kuning secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat

- Siapkan wajan kemudian tuangkan secukupnya minyak dan panaskan.
- Masukkan bahan untuk bumbu rempah seperti halia, bawang besar, bawang putih, kayu manis, buah pelaga, dan bunga cengkih ke dalam wajan berisi minyak panas lalu tumis sampai berbau harum dan menjadi layu.

- Tambahkan tumisan bumbu rempah dengan kismis, aduk merata dan tumis beberapa saat lalu siram dengan air yang sudah disiapkan dan taburi dengan pewarna kuning secukupnya, aduk kembali sampai merata dan biarkan mendidih. Angkat.

- Pindahkan masakan pada wajan ke dalam rice cooker lalu tambahkan dengan beras basmati yang sebelumnya sudah direndam selama ±20 menit lamanya dan telah dibersihkan serta tambahkan juga garam sebagai penyedap, aduk merata lalu masak. Tunggu sampai beras menjadi nasi matang. 
-Matikan rice cooker bila nasi sudah matang dan Nasi Mandhi siap disantap.

Dalam penyajiannya SobatPreneur dapat menambahkan semur daging sapi, daging sapi goreng dan beberapa sayuran seger seperti irisan kol, wortel atau acar timun. Dan jika anda menyukai rasa pedas, penambahan sambal bawang juga akan menambah kelezatan hidangannya.
selamat mencoba membuat Resep Nasi Mandhi Khas Arab

Sumber: sidomi.com; katadia.com; mangcook.com

No comments:

Powered by Blogger.