Header Ads

Pontianak Creative Association Aktif Membina Para Entrepreneur Kreatif di Pontianak

EntrepreneurKreatif.Com-Pontianak Creative Association (PCA) aktif membina para entrepreneur kreatif di Pontianak sejak 2011. Mereka bergabung dalam beberapa komunitas kreatif di kota ini.  Mafirza, selaku ketua PCA menyebut, saat ini PCA  sangat  aktif membina para anggota komunitas yang bergerak di industri kreatif, termasuk  yang berbasis digital.

“Kawan-kawan yang berminat menekuni bidang IT  telah kita beri pelatihan dan kita bina hingga tercipta startup di bidang industri kreatif,” ujar Reza, sapaan akrab Mafirza.


Beberapa komunitas yang sudah bergabung dan dibina oleh PCA adalah komunitas film, animasi, fesyen, kuliner, desain, fotografi, dan penerbitan. Sementara, program kerja PCA yaitu memberi pelatihan berupa seminar, workshop, dan memfasilitasi mereka untuk pameran dan  pembinaan lintas komunitas. Dalam waktu dekat, PCA berencana akan mengadakan lomba blog bertema ‘Pontianak Menyapa Dunia’.

Riza mengatakan, selain bertujuan memperkenalkan Pontianak lewat ekonomi kreatif, lomba blog ini juga bertujuan untuk merekrut anggota baru, khususnya di bidang kepenulisan, subsektor penerbitan.

Sejarah Terbentuknya PCA

Reza menceritakan, setelah Ibu Marie Pangestu pindah ke Kementerian Pariwisata, PCA tetap berada di bawah binaan Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Kalbar. Setelah Ibu Marie Pangestu pindah ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, PCA otomatis  pindah di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kalbar hingga saat ini.



Dalam membangun industri kreatif di Kalbar, Reza menekankan bahwa  pertama kali yang dilakukan adalah membangun industrinya terlebih dahulu.  Saat ini, Pemerintah Pusat tengah menggalakkan tiga sub-sektor industri kreatif  yaitu film, musik, dan animasi sebagai industri unggulan dan potensial di Indonesia. Reza menambahkan, ada empat elemen penting yang harus bersinergi untuk menumbuhkan industri kreatif di Kalbar. keempat elemen itu adalah 1) pemerintah sebagai pemegang regulasi, 2) komunitas sebagai pelaku  usaha kreatif,  3) lembaga pendidikan sebagai pencipta bibit pengusaha kreatif di Kalbar dan 4) Industri itu sendiri.

“Yang sudah bersinergi baru dua yaitu pemerintah dan komunitas. Tinggal lembaga pendidikan yang mau kita hubungkan dengan industri kreatif,” ujarnya.

Dia berharap, semoga dengan kerja keras dan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif RI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan RI, serta Dinas Pariwisata Provinsi Kalbar, dapat bersinergi dengan PCA agar program kerja PCA bisa lebih diserap oleh kawan-kawan pelaku UMKM kreatif di Kalbar.
Bagi para anggota komunitas maupun pelaku UMKM Kreatif di Kalbar-khususnya Pontianak-yang ingin bergabung dengan PCA, Reza mempersilahkan untuk mengisi Formulir Keanggotaan PCA di bit.ly/FormPCA dengan memilih salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif tersebut.


“Mari bersama kita membangun industri kreatif di Kalbar,” pungkasnya.

2 comments:

Asmiri Zani said...

PCA Mantap

Vivi Al-Hinduan said...

join PCA dong Jang. masak kalah dengan cewek baju coklat tuh :)

Powered by Blogger.