Header Ads

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

EntrepreneurKreatif.Com-Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan RamahLingkungan. Tidak perlu diragukan lagi bahwa Pertamina adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar di Indonesia yang memproduksi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan, salah satunya adalah Pertalite. Saat ini status hukum Pertamina telah menjadi Perusahaan Perseroan Terbatas (Persero). Berdiri sejak 10 Desember 1957, pertamina sudah berpengalaman selama puluhan tahun dalam mengelola energi nasional. 


foto: bisniskeuangan.kompas.com

Dengan Visi  Menjadi Perusahaan Nasional Kelas Dunia dan Misi Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial  yang kuat.  Perusahaan yang bergerak di bidang energi seperti Minyak, Gas dan Energi Terbarukan  ini mengusung 6 Tata Nilai Perusahaan: Clean (Bersih), Competitive (Kompetitif), Confident (Percaya Diri), Consumer Focus (Fokus pada Pelanggan), Commercial (Komersial) and Capable (Berkemampuan).

Produk dan Layanan Pertamina
Berbagai jenis produk pertamina terdiri dari:

§  Bahan Bakar Minyak (BBM): Bensin, Solar dan lainnya
§  Bahan Bakar Khusus (BBK): Avition Gasoline (Bahan Bakar Pesawat), Aviation Turbine Fuel, Bio Pertamax, Bio Solar, Pertamax Plus dan lainnya.
§  Non BBM: Aspal, Pelumas, Pelarut, Green Coke, dan lainnya.
§  Gas: Fuel Gas, LPG (Liquid Petrolium Gas) & Musicool.
§  Petrokimia: Asam Tereftalat Murnis, Benzene dan lainnya.
§  Pelumas: Industri Pelumas Turbin, Industri Pelumas Hidrolik dan lainnya.

Apa sih beda Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus? Yuk kita bedah satu per satu ya, SobatPreneur.


foto: mobilmitsubishibandung.otosentrum.com

Premium
Premium atau yang lebih dikenal dengan bensin ini memiliki RON 88. Angka tersebut paling rendah jika dibandingkan dengan Pertalite, Pertamax, atau Pertamax Plus. Dengan harga paling murah di antara jenis bahan bakar minyak yang lain, Premium memiliki beberapa kekurangan berikut ini:
§  Saat berada di dalam mesin kendaraan, Premium cenderung cepat panas jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar minyak lainnya, seperti Pertalite maupun Pertamax. Hal ini dikarenakan nilai RON Premium yang rendah akan membuat kinerja mesin menjadi berkurang sehingga menimbulkan pemborosan dalam pemakaian. Karena saat di dalam mesin, Premium akan mudah meledak dan terbakar, tidak sesuai dengan gerakan piston.

§  Dalam hal perawatan mesin, proses penguncian (knocking) yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian piston mesin. Tentu saja hal ini akan membuat piston mengalami penggantian lebih awal dan keawetan piston menurun dalam kurun waktu tertentu.

§  Gas buangan  hasil pembakaran Premium mengandung gas Gas Carbon Oniksida (COX) dan Niterogen Oksida (NOX) lebih besar. COX dan NOX adalah hasil campuran dari zat aditif dan gas CO2 yang berasal dari bensin

Pertalite
Pertalite adalah BBM Berkualitas dengan Nilai RON pada Pertalite lebih rendah dari Pertamax namun lebih tinggi dari Premium, yakni 90. Dengan nilai RON tersebut, tentu saja kualitas Pertalite lebih tinggi jika dibandingkan dengan Premium namun lebih rendah dibandingkan Pertamax.

Kelebihan Pertalite

foto: mobilkomersial

Varian bahan bakar terbaru pertamina yang telah hadir di 34 Kota/ Kabupaten di Indonesia ini Memiliki level research octane number (RON) 90, membuat Pertalite menjadi BBM Ramah Lingkungan dengan pembakaran pada mesin kendaraan menjadi lebih baik dibandingkan dengan Premium yang memiliki RON 88. Pertalite sesuai untuk digunakan kendaraan bermotor roda dua hingga kendaraan multi purpose vehicle ukuran menengah.
 Apakah Keunggulan Pertalite?

 Berikut beberapa keunggulan Pertalite yang saya sadur dari laman pertamina.com.

1.Durability

Pertalite dapat dikategorikan sebagai bahan bakar kendaraan yang memenuhi syarat dasar durability/ketahan, dumana bbk ini tidak akan menimbulkan gangguan serta kerusakan mesin, karena kandungan oktan 90 lebih sesuai dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan bermotor yang beredar di indonesia. Kandungan aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air pada PERTALITE akan mengahambat proses korosi dan pembentukan deposit didalam mesin.

2. FUEL ECONOMY

BBM Oktan Tinggi Harga Terjangkau. Kesesuaian oktan 90 PERTALITE dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan beroperasi sesuai dengan rancangannya. Perbandingan Air Fuel Ratio yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar menjadikan kinerja mesin lebih optimal dan efisien untuk menempuh jarak lebih jauh karena biaya Pertalite sekitar Rp 7.100 /liter akan lebih hemat.

3. Performance

Kesesuaian angka Oktan PERTALITE dan Aditif yang dikandungnya dengan spesifikasi mesin akan menghasilkan performa mesin yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan Oktan 88. Hasilnya adalah tarikan lebih enteng, kecepatan yang lebih tinggi serta emisi gas buang yang lebih bersih. Hal ini akan menjadikan kendaran lebih lincah dalam bermanufer serta lebih ramah lingkungan.



Pertamax
Pertamax muncul menggantikan Premix. Telah ditemukan senyawa atau kandungan MTBE pada Premix yang ternyata sangat membahayakan lingkungan. Pertamax sangat direkomendasikan bagi kendaraan yang memiiki teknologi injeksi.
Meskipun harga Pertamax lebih mahal, tapi BBM ini memiliki beberapa keunggulan seperti:
§  Pertamax memiliki RON yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya (kecuali Pertamax Plus) yakni 92.

§  Dengan nilai RON yang mencapai di atas 90, ini sangat bermanfaat saat pembakaran pada mesin sehingga mampu mencegah kerusakan pada mesin.

§  Kandungan gas COX dan NOX yang dihasilkan dari pembakaran mesin jauh lebih sedikit jika dibandingkan Premium.

Pertamax Plus
Bahan bakar minyak yang satu ini merupakan jenis bahan bakar minyak dengan kualitas premium karena telah memenuhi standar International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Harga Pertamax Plus memang lebih mahal dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya. Berikut beberapa kelebihan Pertamax Plus:
§  Pertamax memiliki nilai RON yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan Pertamax, yakni 95.

§  Dengan nilai RON yang sangat tinggi, otomatis hasil pembakaran mesin yang dihasilkan oleh Pertamax Plus jauh lebih optimal jika dibandingkan dengan Pertamax.

§  Pertamax Plus dapat membersihkan timbunan kotoran dan kerak pada mesin kendaraan Anda. Dengan bersihnya injektor dan mesin kendaraan, maka performa kendaraan akan jauh lebih optimal.

§  Pertamax Plus mampu melarutkan air dalam tangki bahan bakar kendaraan, sehingga bisa mencegah korosi dan karat di bagian mesin.

§  Kandungan COX dan NOX yang dihasilkan oleh pembakaran mesin yang menggunakan Pertamax Plus jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak jenis lainnya.


Harga BBM di Pontianak saat ini


foto: motomazine.com

Harga BBM saat  ini di Pontianak untuk Premium mencapai Rp 6.450 per liter Pertalite  Rp 7.100 per liter,  dan Pertamax  Rp 8.400 per liter.




1 comment:

Sahabatseo Grup01 said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Powered by Blogger.