Header Ads

Radio Buku, Seni Mendengar Buku Lewat Udara

EntrepreneurKreatif.Com-Radio Buku adalah sebuah stasiun  radio yang khusus mengulas tentang dunia literasi berbasis internet.  Ditujukan bagi  generasi muda yang mencintai buku dan merayakan literasi dengan teknologi dan segenap gaya hidup yang diusungnya. Radio Buku beralamat di Gedung Bale Black Box, Pojok Barat Perpustakaan ISI, Jl Sewon Indah No 1, Kecamatan Sewon, Bantul,  Yogyakarta.

Sebagai komunitas yang terbuka pada kelompok apa pun, Radio Buku menjadi ruang persinggahan dan sekaligus perayaan dari siapa pun dan dari mana pun yang diikat oleh satu simpul: cinta pada buku. Radio unik ini berdiri  pada April 2011 di bawah naungan  Yayasan Indonesia Buku. Secara hukum, yayasan ini berdiri pada April 2006 sebagai lembaga riset tentang sejarah Indonesia lewat tradisi pers dan bahasa. Memfasilitasi sejumlah sejarawan dan periset muda belajar bersama mengenali Indonesia hari demi hari. 

Yayasan Indonesia Buku didirikan oleh Taufik Rahzen, Dipo Andy, Galam Zulkifli, Eddy Susanto, dan Muhidin M Dahlan ini memiliki perpustakaan yang dipersembahkan untuk publik, bernama “gelaranibuku”. Tak hanya membangun perpustakaan yang terpusat pada satu tempat di Alun-Alun Selatan Keraton Yogyakarta, “gelaranibuku” juga membangun beberapa perpustakaan seperti ini di beberapa desa di Indones tradisi riset melahirkan beragam arsip dan kliping koran dari masa yang jauh. Arsip dan kliping tersebut disimpan dan dikelola oleh Warung Arsip. Warung ini secara perlahan-lahan mengeluarkan pelbagai jenis arsip dan kliping dari masa yang jauh untuk Booklovers.

radiobuku.com
Arsip maupun perpustakaan yang terkelola menjadi sandaran bagi Radio Buku untuk menjadikannya layak disebut “Radio Arsip Literasi”. Radio ini tak sekadar menghadirkan narasumber dan berkisah, tapi juga mengarsipkan secara berkala, teratur, dan rapi suara-suara literasi lewat Buletin Suara Buku.

PROGRAM
Dengan motto “Mendengarkan Buku”, Radio Buku ingin merayakan buku dengan cara mendengarkan (kisah)nya. “Mendengarkan buku” itulah yang dikemas dalam pelbagai program, antara lain:

Katalog Seni: Menampilkan komunitas atau bahasan karya seni dari pelbagai bidang serta bagaimana kedekatan para pengusungnya dengan bacaan.

Angkringan Buku: Dialog tentang buku atau isu dunia perbukuan tertentu. Selain menghadirkan penulis buku, juga individu atau komunitas pembaca yang membedah isi buku.

Buku Pertamaku: Menghadirkan cerita antara individu dengan keintiman atas buku. Inilah biografi suara yang mengulik kisah pribadi dan sedalam apa buku-buku mempengaruhi kehidupannya.

Komunitas: Merekam geliat komunitas-komunitas literasi. Selain merekam kisah suksesdan gagalnya, program ini juga menjadi serangkaian pendokumentasian ruang-ruang yang datang dan pergi dalam dunia perbukuan di Indonesia, seperti komunitas sastra, lembaga arsip, penerbit, perpustakaan, organisasi penulis dan pembaca, blogger buku, TBM, toko buku, dan lain-lain.

Di luar keempat program utama tersebut, juga terdapat beberapa program pendukung seperti Kanon Sastra, Leksikon Penulis, Filsafat Kaki Lima, Cerita Bersambung, Musik Indie, Jurnal Republik, Kronik Indonesia, dan Informasi Buku.

Radio Buku bisa didengarkan dari berbagai jenis media, termasuk via ponsel pintar secara live streaming.

1. LiveStreaming Radio Buku bisa didengarkan di: radiobuku.com
2. LiveStreaming Radio Buku bisa didengarkan di Winamp http://103.28.148.18:8254
3. LiveStreaming Radio Buku bisa didengarkan di TuneIn.com
4. LiveStreaming Radio Buku bisa didengarkan di Android, iPhone, Blackbarry dan Windows Phone. Download TuneIn.com Cari: Radio Buku. Play!
5. Dengarkan Radio Buku di BB: buka bb.radiointernetindonesia.com > Download NuxRadio > pilih Yogya (sidebar kanan) > R:Boekoe > dengar
6. Download aplikasi Radio Buku untuk Android: MarketApp/GooglePlay > cari: Radio Buku Official Streaming > instal/pasang. FREE!
7. Ponsel Java Download MFRadio > Jalankan > add Radio Buku > http://103.28.148.18:8254 > play
8. Ponsel Symbian Download Core Player di 4shared.com > MENU > OPEN URL > ketik: 103.28.148.18:8254 Centang: As A Podcast & OK

Sumber: radiobuku.com 

2 comments:

Veniy Andriyani said...

keren ye kak. Kalau malas bace, tinggal dengarkan radio jak. Hahha

Vivi Al-Hinduan said...

aok, hehe :) cocok bagi penggemar sastra yg malas bace. kreatif sekali :)

Powered by Blogger.