Header Ads

NgeBlog, Tak Sekedar Curhat

EntrepreneurKreatif.Com-Profesi Blogger kini semakin menjanjikan. Jika dulu, blog hanya dianggap sebagai sebuah ‘diary digital’ tempat kita menuangkan isi hati dan kegalauan-terutama bagi para wanita-terkadang dengan bahasa alay dan tidak peduli apakah bahasa kita dimengerti oleh mesin pencari Google atau tidak. Pokoknya, hajar aja. namun, kini fungsi blog sudah berubah. Bahkan, jika kita mau sedikit serius dan belajar cara mengolah blog yang benar, maka blog tersebut dapat menghasilkan uang bagi kita. Dari mana? Bisa berbagai sumber seperti Google Adsense, Review, atau sering menjuarai lomba.

Mumpung masih di awal, saya menyarankan sebaiknya kita menentukan terlebih dahulu blog kita akan diarahkan ke mana, apakah fokus mereview produk, meng-update peristiwa sehari-hari, atau fokus membahas bidang tertentu seperti industri kreatif, khusus kecantikan, atau mengupas teknologi, terutama gadget.  Beberapa blog karya blogger Kalbar yang mempunyai tema khusus di antaranya:

Tukangjalanjajan.com (khusus mengupas traveling dan kuliner) blog ini juga sering menjadi endorse beberapa brand dan pemiliknya sering diundang oleh beberapa restoran serta disponsori jalan-jalan ke luar negeri.

Entrepreneurkreatif.com (khusus mengulas tentang 16 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia). Blog ini juga unik karena penulisannya berdasarkan hasil liputan lapangan sang blogger yang memang berprofesi sebagai  kontributor untuk wilayah Kalbar di 3 media online nasional. Blog entrepKreatif ini juga sering dibaca oleh Ketua Bekraf RI, Bapak Triawan Munaf. Belum berusia 3 minggu, blog ini sudah mendapat tawaran iklan dari Google.

Seoborneo.com  Blog ini milik seorang blogger senior Kalbar dan salah satu pakar SEO terbaik di Indonesia. Khusus membahas trik SEO dalam penulisan blog.

Reviewapaaja.com sesuai namanya, blog ini khusus mereview tentang semua jenis produk yang terdiri dari barang dan jasa dengan berbagai merek.

Sebagai blogger pemula, atau bahkan calon blogger, apa saja yang perlu kita siapkan?

1.      Buatlah email di google (gmail) terlebih dahulu

2.      Buatlah email gratis di wordpress atau blogspot

3.      Setelah kira-kira blog Anda berusia 3 bulan ke atas, belilah domain berbayar seperti .com, .net, atau web.id

4.      Gunakan Domain Berbayar
Domain adalah hal yang penting dalam membangun sebuah kepercayaan seseorang. Maka dari itu sebaiknya  belilah domain (.id .com .net) untuk meyakinkan pengiklan. Walau sebenarnya ada yang gratis berupa subdomain seperti blogspot.co.id dan wordpress.com, tapi berdasarkan pengalaman, para pengiklan kebanyakan menolak direview oleh blogger yang masih menggunakan blog gratisan (subdomain).

5.      Rajin memposting tulisan, minimal satu buah dalam sehari
Update artikel di blog kita sesering mungkin. Selain untuk mendatangkan trafik, hal ini juga berguna untuk menarik pengiklan masuk ke blog kita. Biasanya para pengiklan tertarik dengan blog yang kita miliki karena konten di dalam blognya selalu terupdate dan sering memberikan informasi yang menarik.

6.       Jangan Gengsi Review Tanpa Biaya
Hal tersebut bisa menjadi awal mula kamu mereview dan meletakkanya di kategori khusus review. Dengan begitu para pengiklan akan melihat hasil review kamu dan jika mereka tertarik pasti mereka akan menghubungi.

7.       Rajin Blog Walking
Ketika kita rajin meng-update isi blog kita dan rajin berkunjung ke blog lain (baca: blog walking) dan meninggalkan komen dengan mencantumkan link ke blog kita, seiring waktu, orang akan semakin mengenal blog kita.

8.   Harus Bisa Menulis dan Mengerti SEO
Tehnik SEO yang baik dan benar adalah sebuah tutorial mengenai cara membuat blog kita berada di halaman pertama mesin pencari terutama Google Search Engine.

Seorang blogger, pasti sangat mengutamakan bagaimana cara membuat  blog berada di halaman pertama mesin pencari, namun sayangnya, keinginan dan ambisi ini terkadang kebablasan, sehingga yang terjadi malah sebaliknya, website kita di banned oleh Google dan terdeteksi sebagai spam.

Ada beberapa cara (dikutip dari seoborneo.com) agar blog kita bisa nangkring di halaman pertama Gooogle, yaitu usahakan agar tulisan yang kita buat:

Unik

Yang dimaksud dengan unik disini adalah berbeda dengan artikel yang lain, anda bisa lihat artikel dengan kata kunci penitishop.com jual almamater terbaik. walaupun artikel ini menjelaskan sebgaimana yang juga dijelaskan oleh orang lain, tapi artikel ini unik, saat saya menulis artikel ini saya membaca artikel yang sudah dibuat oleh peserta lomba yang lain, ternyata peserta lomba yang lain tidak ada yang membahas soal cyber crime, padahal yang namanya online shop itu pasti ada kaitannya dengan kejahatan. dan saat ini yang paling penting dalam menarik minat pasar, ketika online shop sudah sangat marak, adalah dengan memberikan jaminan bahwa online shop yang ingin kita kampanyekan adalah benar benar bisa menjamin keamanan sehingga calon pembeli tidak merasa khawatir terhadap penipuan. disinilah letak keunikan artikel saya tersebut.
ketika orang bicara soal kelebihan, soal keunggulan produk, dan macam macam, saya berbeda dengan mereka, saya membuat artikel saya unik dimata google dengan mengangkat isu tetang tips aman berbelanja di dunia maya. Unik Bukan?

600 + kata

Dari beberapa artikel yang orang lain buat tentang Tehnik SEO Yang Baik dan Benar, mungkin anda hanya harus menulis paling sedikit 300 kata, namun sebenarnya itu hanya berlaku bagi mereka yang rajin optimasi, sementara bagi kita yang tidak mengerti cara optimasi, upgrade konten adalah segalanya. meskipun saya sebenarnya punya kesempatan untuk melakukan dummy, tapi tidak saya lakukan karena memang saya tidak terlalu betah melakukannya, dan menurut saya, tampil di halaman pertama tanpa optimasi itu “sesuatu” banget.

Memuat Foto dan Video

Hal ini penting, karena google akan mengganggap bahwa konten anda lengkap dengan bukti pendukung, jadi anda harus melengkapi artikel 600 + kata dan unik anda dengan media pendukung seperti foto dan video, sehingga anda bisa menikmati.

Manfaatkan paragraf pertama

saya pernah menulis di wikipedia, di wikipedia ternyata menerapkan konsep penjelasan, sehingga tidak heran di semua kata kunci yang kita ketik, hampir semuanya muncul wikipedia di page one, mengapa demikian? ternyata mereka menggunakan kalimant pembuka dengan cara judul + adalah bla bla bla… dari sana saya belajar bahwa mesin penelusur akan lebih suka apabila di kalimat pembuka kita menggunakan judul ditambah kata adalah. struktur bahasa yang seharusnya dipakai dalam menulis atau mengisi kontent di blog adalah konsep dari umum ke khusus.
foto: makeawebsitehub.com

 Jika anda mau menggunakan salam, tulislah di paragraf kedua, paragraf pertama gunakan untuk menjelaskan diskripsi judul dan bahasan dari artikel yang anda tulis dengan sejelas jelasnya.Ingat, search engine hanya akan menangkap 100 kata pertama dari semua artikel yang anda tulis.

Sebisa mungkin, buatlah sub judul, number atau bullets

hal ini penting bagi anda, demi kelengkapan artikel anda, ini adalah hal paling mudah yang bisa anda lakukan jika anda bingin tentang bagaimana cara membuatnya, dibagian bawah artikel ini, karena saya tidak punya bahan untuk membuat number atau bullets, saya gunakan saja sub judul yang sudah saya tulis, semacam kesimpulan atau rangkuman saja.
Nah, itulah antara lain Tehnik SEO yang baik dan benar tanpa optimasi yang bisa saya bagikan kepada anda semua, adapun number dan bullet yang saya janjikan tadi adalaha sebagai berikut.

Kesimpulan dari tehnik SEO yang baik dan benar tanpa optimasi adalah :

  1. Artikel harus unik
  2. panjang artikel minimal 600 kata
  3. Memuat foto dan video
  4. memaksimalkan peran paragraf pertama
  5. Melengkapi dengan sub judul number dan bullets
Catatan :
jika anda mengikuti semua langkah ini dengan benar, maka anda tinggal duduk manis saja di rumah sambil menanti pengunjung datang ke blog anda. tanpa harus melakukan tehnik seo kotor atau disebut dummy blog.
9. Memperbanyak Pengunjung Blog
Nah yang satu ini adalah sifatnya wajib, karena dengan banyaknya visitor yang masuk ke blog maka ini akan menjadi nilau tambah bagi pengiklan. Maka tulislah hal yang bermanfaat ataupun tutorial yang biasanya banyak orang cari dan datangkan pengunjung lewat google dengan tulisan kita.

10. Share Artikel ke Media Social denganMenggunakan Hashtag (Tagar)
Setelah menulis apa saja yang di blog sebaiknya di share ke berbagai social media. Jangan lupa juga mencantumkan # yang menurut saya ini penting. Hastagnya bisa seperti ini contohnya : #Review #Blog #Murah #Berkualitas #Indonesia dan lain sebagainya.

11. Sering Ikut Lomba
Untuk mengenlkan blog kita ke banyak orang caranya juga dapat kita mengikuti lomba menulis yang sering di adakan oleh brand tertentu untuk blogger. Hal ini dapat berdampak positif untuk ke depanya, walaupun tidak menjadi kandidat pemenang dalam perlombaan yang kita ikuti.

12. Menaruh Halaman Kontak di Blog
Cara terakhir yaitu jangan lupa tauh kontak berupa nomor telepon ataupun email yang sering Anda gunakan supaya jika pengiklan tertarik dengan blog kita, mereka dapat dengan mudah menghubungi kita.

13. Gabung ke Komunitas di Facebook dan Jalin Silaturahmi
Anda yang berada di Pontianak dapat bergabung di Group Facebook: Komunitas  Blogger  Pontianak

 Sumber: priangga.web.id, seoborneo.com

11 comments:

Edo Pradana Prasitha said...

Mantap kak. Boleh dah jadi narsum di blogger ptk ni. Salam sukses sesama blogger. Www.leemindo.com

eSQiu said...

Alhamdulillah makin nambah sumber pembelajaran utk saya ni... Terus berkarya kapan dan dimanapun Kak, kami pasti mendukung kakak. www.rentalmobilpontianak.my.id

Vivi Al-Hinduan said...

terima kasih :) semoga bermanfaat :)

Pontianak Seo said...

Point terpenting adalah ngeblog sesuai dengan kakarter kita tetapi tentu saja tidak melupakan faktor external seperti membangun link, membuat konten yang bermanfaat serta gaya tulisan yang edukatif dan ini yang aku lihat banyak sekali dalam artikel artikel mba vivi... saya yakin akan ada waktunya blog ini menemukan titik puncaknya sebagai blog yang memberikan wawasan bagi para pembacanya khususnya membangun semangat kalangan muda

Note : ralat mba saya bukan pakar seo hehehe masih newbie dan masih butuh banyak belajar

Vivi Al-Hinduan said...

makasih om Qbenk masukannya :)

Vivi Al-Hinduan said...

makasih om Qbenk masukannya :)

GuidoFM29 said...

Sy sering khilaf di point 4 :( ..
Trims mbak pencerahannya.

salam kenal www.babangflash.com

Vivi Al-Hinduan said...

sama2 mas Guido :) salam kenal juga :)

Rendi Gaming said...

walaupun masih belum berpenghasilan, tapi masih tetep semangat dan berusaha

Send Broadcast said...

makasih om artikelnya sangat berguna bagi saya

wandi febriandi said...

Bermanfaat gan jadi semangat nih ngeblognya, mampir ya blog ane

Powered by Blogger.