Header Ads

RESENSI BUKU “DIKTAT BISNIS MAHASISWA GALAU”

Buku ini terdiri dari 11 bab yang mengupas tuntas strategi pemasaran produk bagi pengusaha pemula, yang mana sebagian besar merupakan mahasiswa. Pada Bab 3 yang berjudul Curhat Penulis Galau, mengupas tentang tips dari Tung Desem Waringin bagi pemula yang masih bingung untuk memulai bisnis. TDW menyarankan 3 hal. 1) bisnis harus menguntungkan. Kenapa? Karena kita mau membuka bisnis, bukan membuka yayasan sosial yang mengharap sumbangan dari donator. 2) menyenangkan. Ketika kita suka dan cinta thd suatu bidang (bisnis atau pekerjaan) maka kita akan fokus dan tekun mengerjakannya hingga berhasil. Jika mengalami kesulitan, kita tidak lantas ‘lari’ dari bisnis kita sendiri dan pindah ke bisnis lain. 3) mudah dilakukan. Ini berarti bisnis tersebut haruslah menjadi keunggulan kita.
Pertanyaan Sejuta Dollar
Farrah Gray, miliarder keturunan Afro-Amerika yang sukses berbisnis di usia 14 tahun, mengajukan 3 pertanyaan ini kepada dirinya sendiri:
1. Hal apa yang mudah kulakukan namun sulit bagi orang lain? Bicara tentang keunggulan kita
2. Hal apa yang bersedia kulakukan terus-menerus meskipun tidak dibayar, bahkan aku rela mengeluarkan uang demi mendapatkannya? Bicara tentang hobi kita
3. Bagaimana cara agar aku bisa tetap mendapatkan uang dari hal tersebut tanpa harus bekerja keras? Atau dengan kata lain, bagaimana aku bisa mendapatkan uang dari hasil kerja orang lain? Bicara soal sistem dalam bisnis (franchise/ waralaba)

foto: dok.pribadi


Bagaimana cara membangun sistem? Ada 3 cara 1) membangunnnya secara tradisional dan memerlukan waktu puluhan tahun 2) membeli franchise/ waralaba dan tinggal mengikuti sistem yg sudah dibangun orang lain 3) bergabungan dengan MLM yang terpercaya.

9 lini bisnis abadi
1. Kuliner (makanan/ minuman)
2. Kesehatan
3. Pakaian
4. Perumahan (properti)
5. Pendidikan
6. Hiburan
7. Berhubungan dengan orang lahir (pakaian bayi, salon bayi)
8. Berhubungan dengan orang menikah (sewa pelaminan di hotel)
9. Berhubungan dengan orang mati (pemakaman mewah, peti mati mewah)
3  bisnis yang ‘haram’ dilakukan
1. Bisnis musiman 
Batu akik yang harganya gila-gilaan dan hampir semua pedagang di Kalbar berebut menjualnya dengan harga ‘gorengan’, sekarang tenggelam. Pesan pebisnis senior: kalau anda nekat berbisnis musiman, anda harus berlaku seperti penjudi professional yang tahu kapan masuk dan kapan keluar. Kenapa? Ternyata bisnis seperti ini ada mafia yang menciptakan trend. Lalu mereka menjual sebanyak mungkin (cth: batu akik) sebelum trend berlalu. Mereka menciptakan trend lewat media cetak, seminar, dan audiovisual. 

2. Bisnis yang tidak anda sukai

3. Bisnis MLM
Sampai kapan pun, yang paling untung adalah pemilik pertama. Valentino Dinsi menyingkat MLM sebagai Mari Latihan Menjual, karena memang hanya untuk belajar menjadi pengusaha. Sangat tidak disarankan berbisnis MLM menggunakan kartu kredit

Cara marketing gratis ala mahasiswa
1. Ikuti seminar gratis aktiflah bertanya dengan menyebutkan nama dan bisnis yang anda geluti
2. Marketing di mall ini cara yang unik dan sedikit menguji nyali. Caranya gampang. Cukup berkunjung ke mall terbesar di kota anda pada hari libur karena pengunjungnya ramai. Lalu datangi bagian informasi (biasanya terdapat di lantai dasar) dan bilang “Mbak/ Mas, saya mau minta tolong diumumkan nama teman saya yang terpisah dari saya. Saya cari nggak ketemu. Namanya (sebutkan nama anda) pemilik (sebutkan bisnis anda) biasanya mereka akan mengumumkan sebanyak 3x dgn pengeras suara. Dari sekian banyak pengunjung, biasanya sekitar 10% akan menyimak.
3. Menjadi ‘sapi ungu’ 
Seth Godin, dalam bukunya berjudul Purple Cow mengilustrasikan, jika di antara sekumpulan sapi berwarna coklat dan hitam-putih, tiba-tiba ada seekor sapi berwarna ungu mencolok, maka pandangan Anda otomatis akan tertuju ke mana? Anda sudah tahu jawabannya.

1 comment:

KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM said...

KABAR BAIK!

Untuk benar memperkenalkan diri,
Saya Ibu KATHLEEN dari [KATHLEEN FOSTER PINJAMAN PERUSAHAAN]
Saya pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya memberikan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda. Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih namun mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat baik individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
Jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email: kathleenfosterloanfirm@gmail.com
OR Via: kathleenfosterloanfirmUS@gmail.com

Powered by Blogger.