Header Ads

Jushi Sushi, Sushi Unik dari Singkong


EntrepreneurKreatif.Com – Hobi memasak terkadang bisa menghasilkan inspirasi untuk membuat startup business. Hal inilah yang terjadi pada Ririn Pratama, yang mempunyai hobi memasak makanan asal Jepang, sushi. Mudahnya menemukan nori (rumput laut) di Pontianak, seakan mendukung hobi Ririn untuk mengembangkan bisnisnya. Ririn mulai menjual sushi buatannya pada tahun 2012 silam. Ketika itu ia menjajakan secara online dan menitipkan sebagian untuk dijual di kantor suaminya. Banyaknya permintaan terhadap produknya, membuat Ririn akhirnya membuka toko di Jl. Sutoyo, Pontianak, pada awal tahun 2015. Produknya pun diberi nama ‘Jushi Sushi‘.
Keunikan yang diusung oleh Jushi Sushi adalah sushi yang terbuat dari singkong. Namun, Ririn juga tetap menyediakan menu sushi yang terbuat dari nasi. Selain sushi, Ririn juga menjual ramen, zuppa soup, bento (nasi kotak khas Jepang), dan beberapa snack pelengkap.
sumber: Facebook Jushi Sushi

“Kami mengunggulkan produk sushi yang terbuat dari singkong. Beberapa pelanggan juga mengatakan bahwa nori Jushi Sushi tidak amis dan sushinya juga tidak enek seperti makanan Jepang pada umumnya,” ujar Ririn.

Produk sushi yang terbuat dari singkong pernah mendapat juara pertama pada kompetisi ‘Wirausaha Muda Pemula Berprestasi’ yang diadakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Barat. Dari tiga finalis jasa boga Provinsi Kalbar, Jushi Sushi satu-satunya yang terpilih untuk dikirim ke Jakarta. Jushi Sushi juga pernah mengikuti kompetisi nasional mewakili Kalbar yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Untuk memperluas jaringan bisnisnya, Ririn tengah menggodok sistem kemitraan. Selain itu, Ririn juga akan mengubah konsep tempat berdagangnya. Jika tadinya harus berupa kedai atau toko, nantinya Jushi Sushi akan dijual di booth makanan, sehingga lebih praktis dan fleksibel.

Ririn mengakui bahwa omzet Jushi Sushi yang saat ini masih terbatas di Pontianak, bisa mencapai Rp 10juta – Rp 15juta per bulannya. Jika sistem kemitraan sudah berjalan, Jushi Sushi tentu mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai alternatif bisnis untuk dijalankan.

Artikel ini pernah ditulis oleh Vivi Al-Hinduan untuk JurnalEkonomi


2 comments:

Veniy Andriyani said...

yok lah kite review makanan kak. Sedap kayaknye nih

Vivi Al-Hinduan said...

siap (Y)

Powered by Blogger.