Header Ads

PENULIS, PROFESI YANG TIDAK DIAKUI NEGARA?

Pernahkah anda membaca di KTP seseorang di negeri ini yang terang-terangan mencantumkan penulis di kolom pekerjaannya? Saya pribadi belum pernah. Bahkan,seorang teman lulusan Institut Seni Yogyakarta, berhelar S.Sn alias Sarjana Seni dan berprofesi sebagai pegiat teater, di KTP nya tertulis Perdagangan di kolom pekerjaan. Sepertinya negara kita hanya mengakui 6 profesi resmi yang dirasa layak tampil di kolom pekerjaan KTP warga Indonesia yakni PNS, Swasta, wiraswasta, Ibu Rumah Tangga, TNI/ POLRI, dan Pensiunan. Maka, jika kebetulan anda adalah pekerja kreatif seperti blogger, animator, dan lain-lain, atau pekerja seni seperti musisi, aktor/ aktris, sutradara, pelukis, penulis, penyair, penari, pemain drama/ teater,dan sebagainya, maka bersiaplah untuk ditulis dengan salah satu dari 5 profesi resmi di atas yang diakui oleh Negara. Atau anda akan mengalami nasib tragis seperti saya, di mana saking 'pintar' nya petugas Kecamatan/ Catatan Sipil dan Kependudukan, di kolom pekerjaan e-KTP saya yang berlaku seumur hidup itu, saya harus pasrah ditulis seperti ini


Damn! I Love Indon-Esia                                                                                                                            

5 comments:

Priangga Otviapta said...

sistem nya kudu di rubah kaya nya

GuidoFM29 said...

Sepertinya biar enggak membebankan Pihak yg membuat KTP. jadi hanya di katalogkan seperti biasa. Apapun yg diluar Pegawai Negeri ditulis wirausaha / belum bekerja.
Semoga kedepanya bisa berubah.
Kan keren tu, kolom pekerjaan nya BLOGGER/ AUTHOR / PENULIS / FILM MAKER. 😁

Dewi Elsawati said...

Entah saya yang salah baca, saya pernah iseng-iseng liat KTP milik teman dimana pekerjaannya ditulis 'Seniman' tapi itu dulu sih udah lama. Memang pekerjaan dia sehari-hari jadi musisi di panggung dan ngajar les musik gitu Kak.

Vivi Al-Hinduan said...

semoga ke depannya profesi pekerja seni lebih dihargai oleh pemerintah kita :)

Edo P Dianindo said...

Biarlah begini ya kita mau gimana gan, yg penting diam2 kita menghasilkan, udah gitu aja hehe aamiin

Powered by Blogger.